Rusmiyati, M.Pd

Lahir di Blora pada tanggal 10 September. Menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi UNJ, S1 PGSD UMJ, dan S2 Pendidikan IPS di Universitas Indraprasta Jakarta. Mul...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jangan Lupa Bahagia tantanganday6
Jangan Lupa Bahagia

Jangan Lupa Bahagia tantanganday6

Setiap manusia pasti mendamba bahagia. Apapun akan dilakukan untuk menghadirkan kebahagiaan dalam hidupnya. Oleh karena itulah, setiap orang akan mencari cara untuk mendapatkan kebahagiaan tersebut. Dan sudah menjadi fitrah bahwa sebelum mereka membahagiakan orang lain di sekitarnya, mereka akan berusaha membahagiakan dirinya sendiri.

Salah satu tanda-tanda orang yang bahagia itu, di wajahnya selalu tampak keceriaan. Matanya berbinar-binar. Di bibirnya senantiasa tersungging senyuman. Hal ini dikarenakan kondisi apapun yang dialaminya, hati dan perasaannya senantiasa penuh dengan rasa syukur. Ridha atas segala ketetapan yang telah Allah SWT berikan padanya. Inilah hakikat dari bahagia.

Seringkali, orang mengukur kebahagiaan itu dengan kehidupan yang begitu sempurna dan ideal. Dibalut kesenangan dan jauh dari kata susah. Seolah, ia telah mendapatkan apapun yang diinginkannya dan merasa puas dengan apa yang sudah diraihnya hingga saat ini. Namun demikian, ternyata kebahagiaan itu tidak melulu soal harta, benda, emas dan juga permata.

Pada kenyataannya, tidak sedikit manusia yang kurang beruntung di sekitar kita. Mereka menjalani kehidupannya selalu dengan wajah murung. Persoalan-persoalan hidupnya tak kunjung usai, semangat hidupnya terasa tercerai-berai. Bahkan, seolah tidak ada ruang untuk berdamai. Antara harapan dan kenyataan, ibarat jauh panggang dari api. Rasanya, apa yang diharapkan tidak pernah bisa tercapai.

Memang benar, bahwa setiap orang memiliki standar bahagia yang berbeda-beda. Itu berarti, bahagia adalah hal yang sifatnya relatif.

Sebenarnya, mudah untuk mendapatkan rasa bahagia. Minimal untuk bisa membahagiakan diri sendiri. Salah satu cara untuk memberikan rasa bahagia pada diri sendiri adalah dengan memberikan apresiasi. Yaitu sebuah penghargaan atas pencapaian yang telah diraih.

Secara manusiawi, setiap orang butuh diapresiasi, dan apresiasi ini bisa didapat dari orang lain maupun dari diri sendiri. Apresiasi dapat berupa pemberian materi seperti barang dan uang, pujian, hingga saran atau pendapat.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan agar kita selalu merasa bahagia, antara lain:

1. Manjakan diri

Sesungguhnya, tubuh dan otak kita telah dipaksa untuk bekerja keras setiap harinya.

Rutinitas yang seolah tiada akhir, membuat kita merasa capek. Seperti tidak ada habisnya, sibuk terus. Setelah selesai satu urusan, akan ada lagi urusan yang lainnya. Itulah hidup. Mau tidak mau, suka tidak suka harus dihadapi. Baiknya, setelah sibuk dengan rutinitas, manjakan diri dengan berbagai perawatan seperti melakukan massage, facial, refleksi, maupun treatmen-treatmen lainnya. Dengan begitu, tubuh kita akan menjadi rileks lagi, dan segala beban di pundak bisa berkurang.

2. Lakukan afirmasi dan pujilah diri sendiri

Baiknya dilakukan sebelum memulai aktivitas. Jangan ragu untuk mengucap kalimat-kalimat afirmasi bahwa diri kita hebat, bahagia dan bisa meraih sukses. Pujilah diri sendiri, karena dengan memuji diri sendiri akan membuat kita semakin percaya diri dalam melakukan hal apapun. Dengan memuji diri sendiri, artinya kita menghargai hasil kerja keras kita selama ini.

3. Menabung

Seperti roda yang terus berputar, kadang posisi di atas, kadang di bawah. Kadang naik, kadang turun. Termasuk kondisi perekonomi kita. Karena kondisi seperti inilah, maka kita perlu menabung. Selain sebagai antisipasi kebutuhan yang mendadak dan mendesak, hal ini juga dimaksudkan agar hasil kerja keras kita tidak habis sia-sia. Untuk itu, sisihkanlah sekian persen dari penghasilan untuk membiayai kebutuhan di masa yang akan datang.

4. Berbelanja

Belanja untuk keperluan pribadi yang juga sekaligus sebagai penunjang penampilan dalam aktivitas kita sehari-hari merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Bisa pilih-pilih barang sesuka hati sesuai kebutuhan. Namun hal ini haruslah dalam kendali kita, jangan sampai membahayakan isi dompet.

5. Berlibur

Berlibur sangat dibutuhkan saat kita pikiran dan tubuh kita jenuh dan penat. Dengan berlibur, masalah-masalah dalam kehidupan sementara akan menjadi sirna. Manjakan diri sendiri dari rutinitas yang membosankan. Dengan begitu, berarti kita telah memberi bonus pada diri sendiri. Dengan bersantai sejenak, badan dan pikiran menjadi lebih segar dan siap menghadapi tantangan berikutnya.

6. Makan

Sesekali jajan atau makan di luar adalah hal yang mengasyikan. Hal ini juga dapat membahagiakan diri sendiri. Apalagi makan makanan kesukaan. Yummy! Namun perlu ingat, pilihlah makanan yang sehat.

7. Mengobrol

Bertemu dan berbagi cerita dengan teman-teman dapat membantu meringankan beban dan juga menambah wawasan kita. Bincang santai dapat menghilangkan rasa penat. Sharing tentang masalah-masalah yang dihadapi dapat juga dijadikan ajang silaturahmi, mencari solusi, serta belajar tentang hal-hal yang baru.

8. Menemui keluarga yang dicintai

Memberi apresiasi pada diri sendiri itu sederhana. Seperti sederhananya menjalin hubungan baik dengan orang tua dan keluarga. Orang tua dan keluarga, adalah yang paling utama. Dari merekalah dukungan dan doa senantiasa dipanjatkan untuk kita. Sehingga, pulang ke rumah dan melihat wajah-wajah bahagia mereka menyambut kita adalah apresiasi yang tidak ternilai harganya.

Bahagia adalah hak bagi siapa saja. Karena bahagia merupakan kebutuhan, kita harus senantiasa memperjuangkannya. Dan itu sangat tergantung dengan usaha dan perlakuan kita terhadap diri kita sendiri. Bahagia bukan terletak pada seberapa banyak materi yang dipunya, namun kebahagiaan muncul dari hati, perasaan damai, kepuasan atas hidup dan rasa syukur.

Jadi, jangan lupa bahagia ya, sobat!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow keren

21 Jan
Balas

Makasih bunda cantik

24 Jan



search

New Post